Kamis, September 11, 2008

Manajemen Perubahan bagi Profesional SDM

Walaupun punya banyak nama (antara lain transformasi, rekayasa ulang, perubahan budaya, reinvensi, adaptasi, fleksibilitas, pembelajaran cepat dan agilitas), tantangan kompetitif tetap sama: para manajer, karyawan dan perusahaan harus belajar berubah lebih cepat dan dengan lebih ‘nyaman’. Profesional SDM mesti mendorong organisasi mereka agar mau berubah. Mereka perlu mendefinisikan model perubahan organisasi, lalu menyebarkan model tersebut ke seluruh lingkup perusahaan dan mendorong penerapannya. Terdesak oleh waktu siklus yang makin pendek dan kecepatan perubahan yang meningkat, profesional SDM akan menghadapi banyak pertanyaan seperti:
  • Bagaimana kita melepaskan hal-hal yang telah kita pelajari di masa lalu?
  • Bagaimana sembari tak lupa masa lalu, kita beradaptasi ke masa depan?
  • Bagaimana mendorong pengambilan resiko yang diperlukan bagi perubahan tanpa membahayakan organisasi?
  • Bagaimana menentukan praktik SDM mana yang mesti dirombak demi transformasi dan mana yang perlu dipertahankan?
  • Bagaimana menggerakkan hati dan pikiran semua anggota organisasi untuk berubah?
  • Bagaimana kita bisa berubah dan belajar dengan cepat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar